Do' ketika turun hujan
Anak-anak RA AL-A'ROF sedang belajar di dalam kelas
ayoo sekolah, ayo belajar sambil bermain, di RA AL-A'ROF
---BELAJAR SAMBIL BERMAIN---
Proses belajar terbaik bagi anak adalah bermain. Bagi anak – anak belajar
merupakan sesuwatu yang tidak diperlukan, kecuali belajar dilakukan karena hal
itu terlihat aneh, menarik, unik dan menyenangkan untuk mereka.
Sifat paling mendasar dari dunia anak-anak adalah bermain hal
itu sesuai dengan sunnatullah masa perkembangan awal mereka yaitu pembelajaran
terhadap norma dan nilai. pada usia 2 – 4 tahun anak – anak mulai memahami
pengertian perilaku yang berlawanan (baik – buruk, benar – salah, sopan – tidak
sopan dan sebagainya), meskipun hal itu belum selalu dilakukan sendiri oleh
mereka namun setidaknya mereka mulai mengerti dan pengting sekali untuk
ditekankan pemahaman – pemahaman yang baik kepada mereka tentunya dengan cara
yang sederhana, memudahkan dan menyenangkan bagi mereka karena hal ini
merupakan bagian dari mereka memelajari sesuwatu yang akan mereka bawa sampai
mereka dewasa. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan di sekolah, maupun
dirumah bersama orang tua. Check it out here we go…
Pertama; komunikasi yang baik
Pertahankan selalu komunikasi yang positif kepada anak – anak
kita baik di rumah maupun disekolah. Komunikasi yang positif berpengaruh sangat
besar terhadap kepercayaan, harga diri, kemandirian dan keberanian anak – anak
kita. Nilai – nilai ini merupakan bekal terbaik mereka menuju perkembangan
optimal. Mereka akan selalu merasa mendapatkan dukungan untuk mempelajari apa
saja; tidak minder, tidak takut salah karena apa bila mereka melakukan
kesalahan yang ada hanyalah motivasi yang kita berikan agar mereka lebih berani
lagi, mencoba lagi, belajar lagi.
Kedua; ciptakan permainan yang menyenangkan saat belajar
berhitung
Belajar matematika untuk kita saja sudah membosankan karena
yang terbayang adalah rumus – rumus dengan perhitungan yang rumit apa lagi
untuk anak – anak. Nah, makanya berhitung itulah istilah yang tepat untuk anak
– anak dalam belajar matematika.
Usia playgroup adalah usia yang tertarik dengan bentuk dan
warna. Kita bisa menerapkan cara berhitung dengan menggunakan media dengan
warna – warna yang cantik dan menyala seperti membilang dengan balok berwarna –
warni, membilang dengan menggunakan buah atau sayur yang berwarna terang (apel
merah, pisang, wortel, tomat, paprika). Hal ini juga bermanfaat dalam mengenal
warna – warna, dan mengembangkan kemampuan berbahasa untuk mereka
Playdough atau plastisin juga bisa menjadi media yang menarik
untuk mereka. Mereka belajar mengenal angka melalui palstisin atau playdough
yang dibentuk angka – angka, tentunya mereka juga sangat tertarik untuk belajar
membentuk sesuwatu. Sangat menarik bukan, sangat sederhana dan kita bisa
mempraktekanya dirumah. Perkembangan kognitif, motorik halus dan kreatifitas
mereka akan semakin tergali disini.
Keriga; melatih kekayaan berbahasa dengan bercerita
Sediakan selalu waktu untuk anak – anak kita, ceritakan
banyak hal kepada mereka kisah – kisah teladan dalam hal keagamaan, kebaikan –
kebaikan. Bercerita menjadi media yang penting sekali untuk meningkatkan sisi
kedekatan, emosionalitas antara seorang anak dengan orang tuanya. Terlebih
sekarang ini banyak sekali buku – buku dengan bilingual bahkan tiga bahasa.
Kita akan mengenalkan keragaman bahasa yang memperkaya tingkat kebahasan mereka
juga pemahaman yang baik dari pesan cerita yang disampaikan.
Usia ini adalah usia perkembangan emas, anak – anak kita
seperti spon yang menyerap apa saja dari lingkungan yang mereka temui. Buku
cerita bergambar dan berwarna tentunya menarik perhatian mereka. Meskipun anak
– anak kita belum bisa membaca, belajar bahasa sangat tepat diterapkan diusia
ini, dan walaupun ada sebagian pihak yang melarang penggunaan bahasa asing
untuk usia PAUD, tetapi saya pikir itu bukan masalah selama tentu saja porsinya
tepat untuk usia mereka, dan yang paling penting untuk selalu dikedepankan
adalah bermain.
Keempat; belajar ceria dengan iringan musik
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa musik memiliki pengaruh
yang baik untuk otak kita. Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak kita.
Bagi para orang tua yang ingin agar anak-anak mereka tumbuh optimal bahkan
sebelum mereka dilahirkan, maka sertakanlah selalu musik untuk mengiringi
belajar mereka baik dirumah maupun disekolah. Musik itu dalam pengertian yang
luas bisa berupa lagu anak – anak, murotal juz 30, lagu – lagu nasional, lagu –
lagu daerah dan lainya.
Memori otak anak-anak kitamulai terkoneksi untuk mudah
mengingat sesuwatu, otak akan menyeimbangkan konsentrasi dengan dua hal
perhatian yaitu mendengarkan dan belajar, melatih ketrampilan multitasking
anak-anak kita, mereka akan tergerak untuk mengikuti gerak lagu yang
didengarnya, melatih kelenturan tubuh atau motorik kasar mereka. Musik membawa
suasana yang relax, relaxsasi dan kenyamanan dalam bermain (baca;belajar)
penting untuk memudahkan mereka menyerap informasi baru.
Kelima; ciptakan suasana yang colourfull
Setting dirumah maupun disekolah yang penuh warna-warna mudah
sekali menarik perhatian anak-anak kita. Mereka akan menyukai tempatnya dan
meresa betah berada didalamnya. Apabila mereka sudah betah itu artinya mereka
sudah nyaman, apabila mereka sudah merasa nyaman makan mereka lebih mudah fokus
dan poin pentingnya adalah mereka akan melakukan banyak hal didalamnya maka
sediakanlah banyak media bermain yang sejatinya adalah media belajar. Kita
hanya cukup mengawasi, biarlah mereka mengeksplorasi hal-hal yang ingin mereka
ketahui, berilah mereka kebebasan agar mereka tidak merasa tertekan saat
bereksplorasi, apabila terjadi kekeliruan saat mereka belajar kita bisa
memberitahu mereka dengan bahasa yang lembut, mereka akan belajar dari
kesalahan yang mereka lakukan tersebut.